BAHAN DAN MATERI AJAR SMP AL-AZHAR 1 Tgl 28-11-2019 Kelas 2019
KISI-KISI SOAL SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2019-2020
MATA PELAJARAN :
IPA
KELAS/SEMESTER :
VIII/1 (K
13)
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
NO
SOAL
|
INDIKATOR
|
SKOR
|
LEVEL KOGNITIF
|
3.1 memahami gerak pada makhluk hidup, sistem
gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
|
Sistem Gerak pada Manusia
· Struktur dan
fungsi rangka
· Struktur dan
fungsi sendi
· Struktur dan
fungsi otot
· Upaya menjaga
kesehatan sistem gerak
· Sistem gerak
pada hewan
· Sistem gerak
pada tumbuhan
|
1
|
Siswa dapat menentukan hal
yang bukan merupakan fungsi rangka
|
2,5
|
|
2
|
Disajikan
data tentang beberapa ciri otot, siswa
dapat menentukan jenis otot yang dimaksud
|
2,5
|
|
||
3
|
Disajikan
data tentang ciri suatu persendiant,
siswa dapat menentukan jenis persendian yang dimaksud
|
2,5
|
|
||
4
|
Disajikan gambar
kelainan pada sistem gerak, siswa
dapat menentukan jenis kelainan yang
dimaksud
|
2,5
|
|
||
5
|
Disajikan data gerak
pada hewan ,siswa dapat menentukan pernyataan yang tepat dan hubungannnya dengan prinsip hukum
newton
|
2,5
|
|
||
6
|
Disajikan data gerak
pada tumbuhan ,siswa dapat menentukan pernyataan yang tepat
|
2,5
|
|
||
|
|
|
|
||
3.2 menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya
terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda
dan gerak makhluk hidup
3.3 memahami konsep usaha, pesawat sederhana,
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta hubungannya dengan kerja
otot pada struktur rangka manusia
|
Gerak dan Gaya
· Gerak pada
benda
· Hukum Newton
tentang gerak
· Penerapan
Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda
PesawatSederhana
· Kerja/Usaha
· Jenis pesawat
sederhana
· Keuntungan
mekanik
· Prinsip
pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
|
7
|
Disajikan gambar pita
ketik tcker timer, siswa dapat menentukan gerak lurus yang dimaksud
|
2,5
|
|
8
|
Disajikan data tentang
gerak benda, siswa dapat menentukan
percepatan benda berdasarkan data
|
2,5
|
|
||
9
|
Disajikan
pernyataan tentang penerapan hukum
newton, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar
|
2,5
|
|
||
10
|
Disajikan gambar, siswa
dapat menentukan hubungan massa, gaya
dan percepatan dengan benar
|
2,5
|
|
||
11
|
Disajikan data , siswa
dapat menentukan berat benda
berdasarkan data
|
2,5
|
|
||
12
|
Disajikan
pernyataan tentang penerapan hukum
newton, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar
|
2,5
|
|
||
13
|
Disajikan pernyataan
tentang gaya , siswa dapat menentukan gambar yang sesuai dengan pernyataan
tersebut
|
2,5
|
|
||
14
|
Disajikan data, siswa
dapat menghitung besarnya usaha berdasar data tersebut
|
2,5
|
|
||
15
|
Disajikan data, siswa
dapat menghitung besarnya daya berdasar
data tersebut
|
2,5
|
|
||
16
|
Disajikan
gambar pesawat sederhana, siswa dapat menentukan keuntungan mekanis
|
2,5
|
|
||
17
|
Disajikan gambar pesawat sederhana, siswa dapat menentukan
besarnya gaya
|
2,5
|
|
||
18
|
Disajikan gambar
pesawat sederhana, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana dengan
benar
|
2,5
|
|
||
19
|
Disajikan gambar dan
data pesawat sederhana , siswa dapat menentukan massa benda
|
2,5
|
|
||
20
|
Disajikan pernyataan ,
siswa dapat menentukan prinsip pesawat sederhana pada otot manusia dengan
tepat
|
2,5
|
|
||
3.4 menganalisis
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang
terinspirasi oleh struktur tumbuhan
3.5 menganalisis sistem pencernaan pada manusia
dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya
menjaga kesehatan sistem pencernaan
3.6 memahami
berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya
terhadap kesehatan
|
Struktur dan Fungsi Tumbuhan
· Struktur dan fungsi akar, batang dan daun
· Struktur dan fungsi bunga, buah dan biji
· Struktur dan fungsi Jaringan
· Teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
Sistem Pencernaan pada manusia
· Zat makanan
· Uji bahan
makanan
· Organ
pencernaan
· Enzim
pencernaan
· Penyakit yang
berhubungan dengan sistem pencernaan
Zat Aditif dan Zat Adiktif
· Jenis zat aditif (alami dan buatan)
dalam makanan dan minuman
· Jenis zat adiktif
· Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap
kesehatan
|
21
|
Disajikan wacana,
siswa dapat
menentukan fungsi salah satu jaringan pada akar
|
2,5
|
|
22
|
Disajikan
gambar penampang melintang daun, Siswa dapat
menentukan nama jaringan yang ditunjuk beserta fungsinya
|
2,5
|
|
||
23
|
Disajikan
gambar penampang melintang batang, siswa dapat menentukan nama jaringan yang ditunjuk beserta fungsinya
|
2,5
|
|
||
24
|
Disajikan wacana,
siswa dapat menentukan fungsi jaringan pada bunga
|
2,5
|
|
||
25
|
Disajikan gambar suatu
kegiatan percobaan, siswa dapat
menentukan tujuan setiap langkah dalam kegiatan tersebut
|
2,5
|
|
||
26
|
Disajikan tabel hasil
uji bahan makanan, siswa dapat
menentukan pasangan yang tepat
|
2,5
|
|
||
27
28
29
30
|
Disajikan gambar sistem
pencernaan, siswa dapat menentukan keterangan yang tepat berdasarkan gambar
tersebut
Siswa dapat menentukan
tahapan yang terjadi pada sistem pencernaan
Disajikan tabel tentang
organ, enzim yang dihasilkan dan fungsinya, siswa dapat menentukan pasangan
yang tepat
Disajikan gejala/ciri
gangguan dan penyakit pada sistem pencernaan, siswa dapat menentukan pasangan
yang tepat
|
2,5
2,5
2,5
2,5
|
|
||
31
|
Disajikan
data zat aditif, siswa dapat menentukan jenis zat aditif
|
2,5
|
|
||
32
|
Disajikan
data-data zat aditif, siswa dapat menentukan kegunaan zat tersebut dengan benar
|
2,5
|
|
||
33
|
Disajikan
data-data zat adiktif, siswa dapat menentukan dampak penyalahgunaan zat tersebut
|
2,5
|
|
||
34
|
Disajikan pernyataan
penyalahgunaan narkoba , siswa dapat menentukan pernyataan yang tepat
|
2,5
|
|
||
3.7. Menganalisis
sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem
peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
|
·
Memahami organ peredaran darah
·
Memahami jenis peredaran darah
·
Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia
·
Memahami berbagai penyakit pada sistem peredaran
darah
|
35
|
Disajikan gambar peredaran darah, siswa
dapat menentukan jalannya peredaran darah
|
2,5
|
|
36
|
Disajikan
diagram proses pembekuan darah, siswa dapat menentukan bagian diagram secara
tepat
|
2,5
|
|
||
37
|
Disajikan
tabel ciri-cicri pembuluh darah, siswa dapat menentukan pasangan yang tepat
|
2,5
|
|
||
38
|
Siswa
dapat menentukan konsep penggolongan darah
|
2,5
|
|
||
39
|
Disajikan wacana
tentang salah satu
sel darah, siswa dapat menentukan fungsi jenis tersebut
|
2,5
|
|
||
40
|
Disajikan beberapa penyakit pada sistem
peredaran darah, siswa dapat
menentukan jenis yang
diminta
|
2,5
|
|
Komentar
Posting Komentar