BAHAN DAN MATERI AJJAR SMP AL-AZHAR 1 TgL 29-11-2019 KeLas 7


Kisi-Kisi  Semester Ganjil  2019/2020 Kurikulum 13
SMP/MTs Kota Bandar Lampung

Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas/Semester                       : VII /Ganjil

No Soal
Indikator Soal
1
Diberikan data hasil pengukuran sebuah benda, peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran yang merupakan besaran pokok
2
Diberikan tabel besaran dan satuannya, peserta didik dapat menentukan yang termasuk besaran turunan
3
Peserta didik dapat mengkonversi satuan dalam SI
4
Peserta didik dapat membaca neraca timbangan  menimbang suatu benda
5
Peserta didik dapat membaca alat ukur stopwatch
6
Diberikan data fenomena alam peserta didik dapat menentukan yang termasuk gejala alam abiotik (tidak hidup) dan gejala alam biotik (hidup)
7
Diberikan dua gambar yang menunjukkan makhluk hidup dan benda tidak hidup, peserta didik dapat menjelaskan berdasarkan ciri ciri mahkluk hidup
8
Diberikan ciri ciri tumbuhan, peserta didik dapat menentukan ke dalam ciri-ciri mahkluk hidup
9
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pengelompokkan/klasifikasi benda dan mahkluk hidup
10
Diberikan macam macam gambar daun peserta didik dapat menentukan hubungan kekerabatan berdasarkan gambar daun
11
Peserta didik dapat mengurutkan dengan benar determinasi tumbuhan dan determinasi hewan
12
Peserta didik dapat mengurutkan dengan benar determinasi tumbuhan dan determinasi hewan
13
Peserta didik dapat melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop
14
Peserta didik dapat menjelaskan makhluk hidup berdasarkan ciri dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
15
Diberikan pernyataan mahkluk hidup sebagai indikator pencemaran di perairan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup tersebut ke dalam kelompok yang sesuai dalam klasifikasi hewan invertebrata
16
Diberikan data hasil pengamatan seorang anak terhadap pengamatan hewan, peserta didik dapat mengelompokkan hewan tersebut dalam kelompok yang benar
17
Diberikan gambar hewan invertebrata, peserta didik dapat menentukan hubungan kekerabatan yang paling dekat berdasarkan persamaan dan perbedaan
18
Diberikan pernyataan ciri-ciri materi, peserta didik dapat menunjukkan ciri berdasarkan materi yang ditentukan
19
Peserta didik dapat menentukan lambang unsur yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari hari
20
Peserta didik dapat menjelaskan lambang senyawa yag dikeluarkan saat proses bernapas
21
Diberikan data/pernyataan peserta didik dapat mengelompokkan data dalam kelompok campuran heterogen
22
Diberikan tabel hasil pengamatan menggunakan lakmus biru dan lakmus merah, peserta didik dapat menentukan zat yang benar berdasarkan perubahan warna kertas lakmus
23
Peserta didik dapat menjelaskan sifat sifat asam, basa, dan garam
24
Diberikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan pernyataan yang termasuk dalam zat tunggal
25
Peserta didik dapat memberikan contoh pemisahan campuran secara  (filtrasi, sentrifugasi, dan kromatografi)
26
Diberikan gambar berupa alat untuk pemisahan campuran, peserta didik dapat menentukkan pemisahan campuran
27
Diberikan tabel massa jenis zat, seorang anak menemukan benda yang ditimbang dan diukur volumenya, peserta didik dapat menentukan benda tersebut berdasarkan penghitungan massa jenis benda
28
Diberikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan pernyataan yang termasuk dalam perubahan kimia
29
Peserta didik dapat menentukan skala termometer suhu badan
30
Diberikan gambar 2 thermometer peserta didik dapat membandingkan nilai skala termometer fahrenheit dan celcius
31
Diberikan suatu kasus skala thermometer berdasarkan pengamatan dibandingkan dengan thermometer reamur
32
Peserta didik dapat menghitung pemuaian panjang, luas, dan volume  suatu benda
33
Peserta didik dapat menghitung kalor dalam kalori, jika diketahui perubahan suhu, massa zat. Kalor jenis air, kalor jenis es, dan kalor lebur air dan es
34
Diberikan tabel perubahan kalor, peserta didik dapat menentukan kalor yang dibutuhkan pada grafik yang ditentukan
35
Diberikan gambar peristiwa perpindahan kalor, peserta didik dapat menjelaskan bentuk perpindahan kalor secara radiasi, konveksi, atau konduksi
36
Diberikan gambar gerakkan bola voli, peserta didik dapat menentukan Energi kinetik dan energi potensial
37
Diberikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan fungsi organel yang terdapat pada tumbuhan yang berfungsi menghasilkan energi
38
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan metabolisme, katabolisme, anabolisme dengan respirasi dan fotosintesis
39
Di berikan gambar percobaan ingenhouz, peserta didik dapat menjelaskan gas yang dihasilkan
40
Diberikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan penyakit yang disebabkan kekurangan zat makanan tertentu





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMAGNETAN

Tata Cara Sholat Berjamaah, Pesantren Kelas 7F, 7G dan 8A ( 18 Mei 2020 )

MAGNET KELAS IX