T u g as
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
1.
2.
3.
4.
5.
JUDUL : STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA KELAS : VIII
SEMESTER : GANJIL
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
3.5.4. Menyebutkan organ-organ dalam sistem pencernaan pada manusia
3.5.5. Menjelaskan struktur dan fungsi organ pencernaan pada manusia
4.5.3 Membuat Model Saluran Pencernaan Makanan
4.5.4 Menyelidiki terjadinya proses pencernaan mekanis dan kimia
1. Melalui pengamatan peserta didik dapat menyebutkan organ-organ pencernaan pada manusia.
2. Melalui pengamatan peserta didik dapat menjelaskan struktur dan fungsi organ pencernaan pada manusia.
3. S iswa dapat Membuat Model Saluran Pencernaan Makanan
4. Siswa m a m p u menyelidiki terjadinya proses pencernaan mekanis dan kimia
1. Pelajarilah LKPD ini, lakukan seluruh kegiatan dalam kelompok
2. Lakukan telaah referensi tentang struktur dan fungsi organ pencernaan pada manusia
3. Diskusikan dalam kelompok
Semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, akan melewati proses pengolahan di dalam sistem pencernaan. Ada banyak organ yang terlibat dalam sistem pencernaan manusia, untuk membuat makanan yang Anda makan dapat dicerna dan diserap oleh tubuh. Apa saja organ pencernaan pada manusia ?
1. Alat pencernaan makanan pada manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan
2. Saluran pencernaan mulai dari mulut hingga anus, sementara kelenjer pencernaan dapat berupa kelenjer ludah, kelenjar lambung, kelenjar empedu dan kelenjar pankreas.
Urutan saluran pencernaan makanan dalam tubuh adalah mulut → faring →
Kerongkongan → lambung → usus halus → usus besar → rektum → anus.
3. Bagian-bagian yang membentuk saluran pencernaan adalah :
➢ Mulut, yang di dalamnya terdapat gigi, lidah dan kelenjar ludah
➢ Tekak atau faring, penghubung rongga mulut dengan kerongkongan, pada bagian ini
terdapat persimpangan antara saluran pencernaan dan saluran pernapasan.
➢ Kerongkongan/esofagus, saluran memanjang yang menghubungkan tekak dan
lambung.
➢ Lambung/Ventrikulus, pembesaran saluran pencernaan yang membentuk kantung.
➢ Usus halus/Intestinum tenue, terdiri atas usus 12 jari (duodenum), usus kosong
(jejenum), dan usus penyerapan (ileum)
➢ Usus besar/Intestinum Crasum), terdiri atas usus tebal (kolon), usus buntu
(apendiks), dan poros usus (rektum).
➢ Anus (lubang pelepasan).
1. Amatilah torso sistem pencernaan di depan !
2. Lengkapi bagan sistem pencernaan berikut, serta diskusikan fungsi dari masing-masing organ !
Lengkapilah Tabel berikut
No
Nama Organ Fungsi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
Berdasarkan Hasil Pengamatan Sebutkanlah Organ Pencernaan Manusia Secara Berurutan dengan Benar.
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………….
Berdasarkan Hasil Pengamatan, Identifikasi dan Diskusi. Apa yang dapat kalian
Simpulkan……………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………….
Dari Kesimpulan, Buatlah Secara Kelompok Model sederhana sitem pencernaan manusia pada media Karton
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………...
Dari penyelidikanmu, Buatlah bagan/tabel organ Pencernaan pada manusia yang melakukan proses mekanik dan kimiawi
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
https://jagad.id/sistem-pencernaan-manusia-lengkap-beserta-fungsi-dan-keterangannya/
https://www.google.com/search?q=gambar+sistem+pencernaan&safe=strict&client=firefox
-b- d&sxsrf=ACYBGNR8yz9LlmC44mFE5hUUfedVg6F- Pw:1568254970795&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=8yGq5oPKLI73gM%253A%252
CxHU_w Tk EBU3G_M%252C_&vet=1&usg=AI4_-kSeeQ5MQ- WCF2Wf712YoALQ9It68Q&sa=X&ved=2ahUKEwiUhc6DncrkAhXVILcAHR64B18Q9QE wAHoEC Ac
QBA&biw=1366&bih=654#imgrc=8yGq5oPKLI73gM:&vet=1
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas
8. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran IPA Kelas
8. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jawaban
No
Nama Organ Fungsi
1. Mulut Mengunyah/menghancurkan makanan
2. Kelenjar Ludah Penghasil air liur dan enzim untuk membantu mencerna
3. Kerongkongan Mengantarkan makanan yang sudah ditelan ke
lambung
4. Hati sebagai alat sekresi, menghasilkan cairan empedu
untuk membantu pencernaan lemak
5. Lambung Menyimpan, memecah dan mencerna makanan
6. Pankreas memroduksi enzim untuk membantu mencerna lemak
dan juga protein
7. Usus Besar membuang air dan garam yang tidak dapat dicerna
dan membentuk limbah padatan yang dapat
8. Usus Halus Tempat penyerapan nutrisi pada makanan
9. Anus membuang kotoran sisa pencernaan dalam bentuk
feses
Berdasarkan Hasil Pengamatan Sebutkanlah Organ Pencernaan Manusia Secara Berurutan dengan Benar.
Jawab
1. Mulut
2. Kelenjar Ludah
3. Kerongkongan
4. Hati
5. Lambung
6. Pankreas
7. Usus Besar
8. Usus Halus
9. Anus
Berdasarkan Hasil Pengamatan, Identifikasi dan Diskusi. Apa yang dapat kalian Simpulkan proses pencernaan pada tubuh manusia?
1. Mulut
Proses pencernaan pada manusia dimulai dari mulut. Ketika membuka mulut untuk
memasukkan makanan favorit Anda, dari sinilah perjalanan panjang makanan dimulai. Mulut seakan menjadi “gerbang utama”, dari proses pencernaan pada manusia.Selanjutnya, makanan dikunyah menjadi bagian-bagian kecil, yang membuatnya mudah dicerna. Sementara itu, air liur yang bercampur dengan makanan-makanan tersebut, akan mengubahnya menjadi bentuk yang bisa diserap oleh tubuh.
2. Tenggorokan
Proses pencernaan pada manusia selanjutnya ialah tenggorokan. “Destinasi” kedua
makanan favorit Anda ialah tenggorokan. Setelah ditelan, makanan akan menuju langsung ke tenggorokan Anda. Dari sinilah, makanan akan “meluncur” ke esofagus atau tabung penelan.
3. Esofagus
Esofagus, atau kerongkongan, adalah tabung berotot yang membentang dari faring (tabung
fibromuskular di depan tulang leher), ke lambung. Melalui gerakan meremas (gerakan peristaltik), esofagus akan mengirimkan makanan ke lambung.Tepat sebelum makanan masuk ke dalam perut, ada “zona tekanan tinggi” (sfingter esofagus bawah), yang bertugas sebagai katup, agar makanan tidak melewati belakang kerongkongan.
4. Lambung
Dari esofagus, makanan akan mampir ke lambung. Perut dapat digambarkan sebagai
kantung dengan dinding berotot kuat, yang tidak hanya bertugas sebagai penyimpan makanan, tapi juga “penggiling” makanan yang Anda konsumsi. Saat proses pencernaan pada manusia mencapai lambung, maka akan ada enzim dan asam, yang bertugas memecah makanan.Ketika meninggalkan lambung, makanan yang semula berbentuk dan mungkin bertekstur keras, akan berubah menjadi cairan atau bentuk lebih halus.
5. Usus halus
Usus kecil atau usus halus adalah destinasi selanjutnya, setelah makanan melewati perut.
Usushalus terdiri dari tiga bagian; duodenum, jejunum, dan ileum.Usus halus akan menyelesaikan pekerjaan perut yang belum usai, yakni memecah makanan dengan enzim yang diproduksi pankreas, empedu, serta hati.Di sinilah, tubuh akan menyerap nutrisi makanan, ke aliran darah. Tanpa kinerja jejunum dan ileum, tidak mungkin nutrisi bisa diserap oleh tubuh. Keduanya memikul tanggung jawab besar, dalam memindahkan nutrisi makanan, ke dalam aliran darah. Sementara itu duodenum, hanya akan membantu usus dalam memecah makanan.
6. Usus besar
Usus besar menjadi destinasi yang dilewati makanan (yang sudah berbentuk cairan atau
lebih halus). Di dalam usus besar, seluruh cairan yang ada di dalam makanan, akan diserap, sehingga sisa-sisa makanan ini memiliki bentuk yang lebih solid. Sisa-sisa makanan (feses) ini akan disimpan di dalam usus sigmoid.Biasanya, dibutuhkan waktu 36 jam agar kotoran (feses) bisa melewati usus besar. Saat usus besar sudah penuh dengan sisa-sisa makanan ini, maka proses eliminasi menuju ke dubur akan dimulai.
7. Anus
Anus adalah pemberhentian terakhir dari proses pencernaan, sebelum akhirnya makanan
yang sudah berubah menjadi kotoran atau feses, keluar dari tubuh. Anus terdiri dari otot dasar panggul dan dua sfingter (otot internal dan eksternal).Lapisan atas anus, bertugas untuk mendeteksi isi dubur. Lapisan ini akan mengetahui bentuk atau konsistensi dari feses, entah itu cairan, solid, atau hanya gas.
Dari Kesimpulan, Buatlah Secara Kelompok Model sederhana sitem pencernaan manusia pada media Karton
Jawab
Model Pencernaan Manusia
Dari penyelidikanmu, Buatlah bagan/tabel organ Pencernaan pada manusia yang melakukan proses mekanik dan kimiawi
Organ Pencernaan
Proses Mekanik Proses Kimiawi
Mulut Mulut
Lambung Lambung
Usus Halus Usus Halus
KEMAGNETAN
Anak-anak hari ini kita akan belajar tentang magnet. tujuannya agar kalian dapat menjelaskan bahan magnet kalian dapat memahami kutub kutub magnet kalian dapat menjelaskan kaitan anatar listrik dan magnet. Materi Magnet. 1 . Membuat Magnet dengan Cara Menggosok Besi yang semula tidak bersifat magnet , dapat dijadikan magne t. Caranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah agar magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah 2 . Membuat Magnet dengan Cara Induksi Besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan cara induksi magne t. Besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. ...
Komentar
Posting Komentar