Kisi kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas IX
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR
SEMESTER GANJIL SMP/MTs KOTA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN
ALAM
KELAS
/ SEMESTER : IX / GANJIL
KURIKULUM
: K-13 (MASA PANDEMI COVID-19)
BENTUK
SOAL : PILIHAN JAMAK
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK/SUB |
INDIKATOR SOAL |
NOMOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
Menghubungkan
sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan
penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
Pembelahan
Sel |
Diberikan
gambar proses pembelahan sel. Siswa mampu mengurutkan tahapan pembelahan sel. |
1 |
L1 |
Pembelahan
Sel |
Diberikan
pilihan jawaban berupa beberapa pernyataan. Siswa mampu menentukan perbedaan
pembelahan sel. |
2 |
L1 |
|
Organ
reproduksi manusia |
Disajikan
gambar struktur organ reproduksi manusia. Siswa mampu menjlaskan fungsi organ
yang dimaksud. |
3 |
L1 |
|
Gametogenesis
|
Disajikan
gambar proses pembentukan gamet. Siswa mampu menjelaskan tahapan pada proses
tersebut. |
4 |
L1 |
|
Menstruasi |
Disajikan
grafik perubahan hormon pada proses menstruasi. Siswa mampu menganalisis
pengaruh perubahan hormon terhadap fase-fase menstruasi. |
5 |
L2 |
|
Kehamilan |
Diberikan
pilihan jawaban. Siswa mampu menjelaskan fungsi membran-membran kehamilan . |
6 |
L1 |
|
Penyakit
pada sistem reproduksi manusia |
Diberikan
tabel data penyakit pada sistem reproduksi manusia dan penyebabnya. Siswa
mampu mencocokkan nama penyakit dan penyebabnya. |
7 |
L1 |
|
Menganalisis
penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan. |
Perkembangbiakan
vegetatif pada tumbuhan |
Disajikan
wacana tentang perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan. Siswa mampu
mengidentifikasi perkembabiakan yang sesuai dengan jenis tumbuhannya . |
8 |
L2 |
Perkembangbiakan
vegetatif pada tumbuhan |
Disajikan
teks singkat tentang cara perkembangbiakan tumbuhan. Siswa mampu menganalisis
penyebab terjadinya perkembangbiakan yang dimaksud. |
9 |
L3 |
|
Struktur
Bunga |
Disajikan
gambar bunga lengkap. Siswa dapat membedakan fungsi bagian – bagian bunga. |
10 |
L1 |
|
Penyerbukan
tumbuhan |
Disajikan
gambar bunga. Siswa mampu menganalisis jenis penyerbukan pada bunga tersebut. |
11 |
L2 |
|
Pembuahan
tumbuhan |
Disajikan
struktur intelnal bunga. Siswa mampu menjelaskan proses pembuahan pada
tumbuhan. |
12 |
L2 |
|
Teknologi
reproduksi pada tumbuhan |
Disajikan
teks singkat tentang teknologi reproduksi tumbuhan. Siswa mampu memilih
teknologi yang tepat untuk dikembangkan . |
13 |
L3 |
|
Penyerbukan
tumbuhan |
Disajikan
gambar tumbuhan. Siswa mampu menentukan perantara penyerbukan pada tumbuhan
tersebut. |
14 |
L2 |
|
Daur
hidup tumbuhan paku |
Diberikan
pilihan jawaban. Siswa mampu menjelaskan proses daur hidup tumbuhan sporophyta. |
15 |
L1 |
|
Teknologi
reproduksi pada hewan |
Diberikan
teks tentang teknologi reproduksi pada hewan. Siswa mampu memilih teknologi
yang tepat untuk digunakan berdasarkan teks. |
16 |
L3 |
|
Metamorfosis
|
Diberikan
tabel kelompok beberapa hewan. Siswa mampu mengidentifikasi metamorfosis yang
terjadi pada kelompok hewan tersebut. |
17 |
L1 |
|
Pembuahan
pada hewan |
Diberikan
teks tentang cara pembuahan yang terjadi pada beberapa hewan. Siswa mampu
menganalisis hewan yang tepat berdasarkan data pada teks. |
18 |
L2 |
|
Menerapkan konsep
pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk
hidup |
Istilah-istilah
pada persilangan |
Diberikan
beberapa pernyataan tentang gen. Siswa
mampu menentukan sifat gen yang dimaksud. |
19 |
L1 |
Persilangan
monohibrid |
Disajikan
gambar tentang silsilah keturunan pada hewan. Siswa mampu menganalisis sifat
induk hewan berdasarkan silsilah tersebut. |
20 |
L1 |
|
Persilangan
dihibrid |
Diberikan
teks singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi kemungkinan
keturunan dari persilangan terssebut. |
21 |
L2 |
|
Persilangan
dihibrid |
Diberikan
teks singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi kemungkinan
keturunan dari persilangan terssebut. |
22 |
L2 |
|
Persilangan
dihibrid |
Diberikan
teks singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi genotif bibit
unggul dari persiangan tersebut. |
23 |
L2 |
|
Persilangan
dihibrid |
Diberikan
teks singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi jumlah keturunan
persilangan yang dimaksud. |
24 |
L2 |
|
Adaptasi
mahluk hidup |
Diberikan
beberapa pernyataan tentang mahluk hidup. Siswa mampu menentukan adaptasi
mahluk hidup. |
25 |
L1 |
|
Menjelaskan konsep
listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari. |
Partikel
atom |
Diberikan
gambar struktur atom. Siswa mampu menentukan komponen partikel atom. |
26 |
L1 |
Muatan
listrik |
Diberikan
gambar elektroskop. Siswa mampu menunjukkan proses pemisahan muatan
menggunakan elektroskop. |
27 |
L1 |
|
Muatan
listrik |
Diberikan
gambar benda. Siswa mampu menentukan muatan benda berdasarkan sifatnya. |
28 |
L2 |
|
Muatan
listrik |
Diberikan
gambar percobaan muatan listrik. Siswa mampu menganalisis hubungan
perpindahan muatan listrik dengan sifat muatan benda. |
29 |
L2 |
|
Muatan
listrik |
Disajikan
gambar benda bermuatan listrik. Siswa mampu menentukan arah aliran
muatan-muatan listriknya. |
30 |
L1 |
|
Medan
listrik |
Disajikan
gambar pilihan jawaban. Siswa mampu menunjukkan arah medan listrik pada benda
bermuatan listrik. |
31 |
L1 |
|
Gaya
Coulomb |
Diberikan
data. Siswa mampu menghitung gaya Coulomb berdasarkan data |
32 |
L2 |
|
Gaya
Coulomb |
Diberikan
gambar dua benda bermuatan. Siswa mampu menghitung gaya yang terjadi jika
jarak benda dirubah. |
33 |
L2 |
|
Menerapkan konsep
rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam
kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif. |
Tegangan
listrik |
Diberikan
teks tentang rangkaian tertutup. Siswa mampu menghitung tegangan pada
rangkaian listrik. |
34 |
L2 |
Kelistrikan
pada saraf |
Disajikan
gambar skema sel saraf. Siswa mampu menentukan gambar yang tepat dengan
aktivitas yang terjadi. |
35 |
L2 |
|
Rangkaian
listrik |
Diberikan
gambar rangkaian listrik. Siswa mampu menghitung tegangan pada rangkaian. |
36 |
L2 |
|
Rangkaian
listrik |
Disajikan
gambar pilihan jawaban. Siswa mampu menentukan pemasangan rangkaian listrik
yang tepat. |
37 |
L2 |
|
Rangkaian
listrik |
Diberikan
gambar rangkaian listrik. Siswa mampu menganalisis pengaruh pemasangan
sakelar pada rangkaian tersebut. |
38 |
L2 |
|
Daya
listrik |
Diberikan
gambar rangkaian listrik. Siswa mampu menghitung besarnya daya listrik pada
rangkaian |
39 |
L2 |
|
Energi
listrik |
Diberikan
data pemakaian listrik. Siswa mampu menghitung biaya pemakaian listrik. |
40 |
L2 |
Bandarlampung, September 2020
Tim Penyusun Soal MGMP IPA
Komentar
Posting Komentar