KISI KISI US kelas IX
KISI-KISI PENULISAN SOAL US TAHUN 2021
JENIS SEKOLAH : SMP
JUMLAH SOAL : 40
BENTUK SOAL : PG
PENYUSUN :
ALOKASI WAKTU
No |
Materi Klas |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level |
No. soal |
|
1 |
|
2 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1. |
7 |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran
berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku) |
Pengukuran berbagai besaran dengan
menggunakan satuan |
Diberikan gambar mistar, siswa dapat
menentukan panjang suatu benda |
L2 |
1.
|
|
2. |
3.2
Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan
karakteristik
yang diamati |
Klasifikasi
dikotom dan kunci determinasi |
Siswa dapat
menentukan kunci determinasi dari data yang disajikan |
L2 |
2. |
|
|
3. |
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan
kalor, dan penerapannya
dalam kehidupan
sehari-hari
termasuk
mekanisme
menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan |
Suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor dan
penerapannya |
Diberikan grafik pemanasan air, siswa
dapat menunjukkan saat air tidak mengalami perubahan suhu |
L1 |
3.
|
||
Diberikan fenomena perpindahan kalor
dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan kalor |
L1 |
4.
|
|||||
4. |
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat
sel sampai organisme
dan komposisi
utama penyusun sel |
Sel sebagai Unit
Struktural dan fungsional kehidupan |
Disajikan gambar
sel siswa dapat menyebutkan fungsi dari organela yang di tunjuk |
L1 |
5. |
|
|
5. |
3.7 Menganalisis interaksi antara
makhluk hidup dan lingkungannya serta
dinamika populasi
akibat interaksi
tersebut |
Bentuk-bentuk
saling ketergantungan |
Disajikan gambar
Jaring-jaring makanan siswa dapat
menjelaskan dengan benar akibat perburuan pada salah satu populasi. |
L1 |
6. |
|
|
6. |
3.8 Menganalisis terjadinya
pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi
ekosistem |
Pencemaran
lingkungan |
Siswa dapat
memberi saran yang paling tepat
terhadap kasus yang disajikan. |
L3 |
7. |
|
|
7. |
3.11 Menganalisis sistem
tata surya, rotasi
dan revolusi bumi,
rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya
bagi kehidupan
di bumi |
sistem tata
surya, rotasi
dan revolusi bumi,
rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya
bagi kehidupan
di bumi |
Diberikan contoh fenomena alam, siswa
dapat menganalisis akibat rotasi bumi |
L2 |
8.
|
|
|
1. |
8 |
3.1 Menganalisis
gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga
kesehatan sistem gerak |
Sistem gerak
manusia |
Disajkan gambar
persendian siswa dapat menentukan arah gerakan sendi tersebut |
L2 |
9. |
|
2.
|
3.2 Menganalisis gerak lurus,
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada
gerak benda dan gerak makhluk hidup |
gerak lurus, pengaruh gaya
terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda |
Disajikan gambar, siswa dapat
mengalisis gerak lurus berubah beraturan |
L3 |
10.
|
||
Disajikan rumus hukum Newton ke
2, siswa dapat menganalisis hubungan antara percepatan, massa dan gaya |
L3 |
11.
|
|||||
3.
|
3.3 Menjelaskan konsep pesawat
sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot
pada struktur rangka manusia |
konsep pesawat sederhana, dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur
rangka manusia |
Disajikan data variabel tuas,
siswa dapat menghitung Gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban |
L2 |
12.
|
||
Disajikan data keuntungan
menggunakan pesawat sederhana, siswa dapat menentukan pernyataan yang tidak tepat |
L2 |
13.
|
|||||
4. |
3.4
Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta
teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan |
Struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan |
Disajikan gambar
penampang melintang suatu organ tumbuhan siswa dapat menjelaskan fungsi
jaringan yang ditunjuk |
L1 |
14. |
|
|
5. |
3.5 Menganalisis
sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem
pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan |
Struktur dan
fungsi sistem pencernaan makanan pada
manusia |
Disajikan gambar
organ pencernaan siswa dapat menunjukkan gangguan pada salah satu organ
dengan tepat sesuai kasus yang diuraikan
|
L2 |
15. |
|
|
6. |
3.7 Menganalisis
sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem
peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah |
Peredaran darah
pada manusia |
Siswa dapat
menjelaskan urutan peredaran darah dengan benar dari data yang disajikan |
L2 |
16. |
|
|
7.
|
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari |
tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari |
Disajikan gambar Bentuk
konstruksi bendungan, siswa dapat menentukan bentuk yang tepat sesuai konsep
tekanan |
L1 |
17.
|
|
|
8. |
3.9 Menganalisis
sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan,
serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan |
Gangguan pada
sistem pernafasan manusia |
Disajikan data
ciri-ciri suatu penyakit siswa dapat
menyimpulkan jenis penyakit pernafasan dengan benar berdasarkan
ciri-ciri tersebut. |
L1 |
18. |
|
|
9. |
3.10
Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem
ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi |
Struktur dan
fungsi sistem ekskresi pada manusia |
Disajikan gambar
organ ekskresi siswa dapat menjelaskan fungsi
dari bagian yang ditunjuk |
L1 |
19. |
|
|
10.
|
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan
bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya |
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang
datar dan lengkung serta penerapannya |
Diberikan contoh cermin cembung,
siswa dapat menyebutkan sifat bayangan yang dibentuk |
L1 |
20.
|
|
|
1. |
9 |
3.1
Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem
reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
Organ reproduksi
manusia |
Disajikan gambar
organ reprodusi siswa dapat menjelaskan nama bagian yang ditunjuk |
L1 |
21. |
|
Spermatogenesis |
Siswa dapat
menyebutkan sifat kromosom pada
tahapan proses pembentukan sperma |
L1 |
22. |
||||
Penyakit pada
sistem Reproduksi |
Siswa dapat menyimpulkan
jenis penyakit reproduksi dari data yang disajikan |
L2 |
23. |
||||
2. |
3.3 Menerapkan
konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
Materi Genetik |
Siswa dapat
menjelaskan persamaan antara materi
genetik |
L2 |
24. |
||
Persilangan
Monohibrid |
Disampaikan
kasus persilangan monohibrid siswa
dapat menentukan pernyataan yang benar. |
L2 |
25. |
||||
Pewarisan
Sifat dalam pemuliaan
tanaman |
Ditunjukkan
bagan persilangan dihibrid siswa dapat menentukan genotip F1 sebagai bibit
unggul dengan benar. |
L2 |
26. |
||||
3.
|
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya
dalam kehidupan sehari-hari. |
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan
sehari-hari melalui generator vande graff. |
Diberikan gambar fenomena anak
memegang generator Van de Graff, siswa
Menjelaskan konsep prinsip kerja Generator tsb.. |
L2 |
27.
|
||
Diberikan peristiwa perpindahan
elektron dari kaca dengan sutera, siswa dapat menentukan jenis muatan pada
kaca |
L2 |
28.
|
|||||
4.
|
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan
daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk
sumber energi listrik alternatif. |
rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber
energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik
alternatif |
Diberikan gambar rangkaian
listrik, siswa dapat membandingkan besarnya hambatan total dari rangkaian. |
L2 |
29.
|
||
Diberikan contoh perubahan energi
pada senter yang menyala, siswa dapat menentukan urutan perubahan energi. |
L3 |
30.
|
|||||
5.
|
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi
elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari. |
kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan
medan magnet dalam kehidupan sehari-hari. |
Diberikan gambar cara membuat
magnet dengan cara gosokkan, siswa dapat menentukan jenis kutub magnet. |
L2 |
31.
|
|
|
|
|
|
Diberikan masalah campuran pasir
dan serbuk besi, siswa dapat menganalisis cara memisahkannya |
L3 |
32.
|
|
|
6. |
3.7 Menerapkan
konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia |
Bioteknologi
pangan |
Siswa dapat
menentukan dengan benar penerapan bioteknologi untuk meningkatkan produksi
pangan dari pernyataan yang disampaikan. |
L2 |
33. |
||
Bioteknologi
Kesehatan |
Siswa dapat
menentukan salah satu manfaat produk bioteknologi bagi
kesehatan dari pernyataan yang disampaikan. |
L2 |
34. |
||||
Diberikan beberapa peralatan listrik, siswa dapat
menentukan jenis alat listrik yang memanfaatkan elektromagnet |
Diberikan beberapa contoh
alat-alat produk teknologi, siswa dapat menentukan alat yang memanfaatkan elektromagnetik |
L1 |
35.
|
||||
7.
|
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion,
molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam
kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia |
konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur
zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan seharihari,
serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia |
Disajikan bahan yang paling
sesuai untuk bahan pembuat peralatan memasak adalah... |
L2 |
36.
|
||
Disajikan lambang unsur Litium,
Siswa dapat menghitung jumlah netronnya |
L2 |
37.
|
|||||
38.
|
3.9
Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah,
dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan |
sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup
dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan. |
Diberikan sifat fisika dan kimia,
siswa dapat menentukan sifat fisika
suatu zat. |
L1 |
38.
|
||
Peran tanah bagi
kehidupan |
Siswa dapat menentukan
peran tanah dengan benar dari pernyataan yang disediakan |
L2 |
39. |
||||
39. |
3.10
Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan
kehidupan |
proses dan
produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan |
Siswa dapat menyebutkan
salah satu istilah untuk energi alternatif dari pernyataan yg disampaikan. |
L1 |
40. |
|
Karakteristik Soal Pada Level Kognitif
L1 = Pengetahuan dan Pemahaman (C1, C2)
L2 = Aplikasi (C3)
L3 = Penalaran (C4, C5, C6)
Komentar
Posting Komentar