KISI KISI PAS KELAS 9 TAHUN 2021
KISI – KISI SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Jenjang
Sekolah : SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Jumlah
Soal : 40 Soal
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Bentuk
Soal/Tes : Pilihan Jamak
Penyusun
Soal : Joni Firdaus, S.Pd.
Alokasi
Waktu : 120 Menit
No |
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pokok |
Indikator
Soal |
Level
Soal |
Nomor
Soal |
1 |
3.1 Menghubungkan sistem
reproduksi pada manusia dan
gangguan pada sistem reproduksi
dengan penerapan pola hidup
yang menunjang kesehatan reproduksi |
Reproduksi sel |
Diberikan
beberapa pernyataan. Siswa mampu menjelaskan tujuan reproduksi sel. |
L1 |
1 |
Reproduksi sel |
Diberikan gambar
proses pembelahan sel. Siswa mampu menjelaskan tahap pembelahan sel |
L1 |
2 |
||
Organ reproduksi
manusia |
Disajikan gambar
struktur organ reproduksi manusia. Siswa mampu menjelaskan fungsi organ yang
dimaksud. |
L1 |
3 |
||
Gametogenesis |
Disajikan gambar
proses pembentukan gamet. Siswa mampu menjelaskan tahapan pada proses
tersebut. |
L1 |
4 |
||
Hormon reproduksi
manusia |
Siswa mampu
menjelaskan fungsi hormone-hormon reproduksi manusia. |
L1 |
5 |
||
Penyakit pada
system reproduksi manusia |
Diberikan
beberapa pernyataan. Siswa mampu menganalisis penyakit pada system reproduksi
berdasarkan pernyataan. |
L2 |
6 |
||
2 |
3.2
Menganalisis penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan |
Perkembangbiakan
vegetatif pada tumbuhan |
Diberikan
informasi sisngkat tentang perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan. Siswa
mampu mengidentifikasi perkembabiakan yang sesuai dengan jenis tumbuhannya . |
L2 |
7 |
Perkembangbiakan
vegetatif pada tumbuhan |
Diberikan
informasi singkat tentang cara perkembangbiakan tumbuhan. Siswa mampu
menganalisis penyebab terjadinya perkembangbiakan yang dimaksud. |
L3 |
8 |
||
Strukstur bunga |
Disajikan gambar
bunga lengkap. Siswa dapat menunjukkan bagian – bagian bunga. |
L1 |
9 |
||
Penyerbukan
tumbuhan |
Disajikan gambar
bunga. Siswa mampu menganalisis jenis penyerbukan pada bunga tersebut. |
L2 |
10 |
||
Pembuahan
tumbuhan |
Disajikan
struktur intelnal bunga. Siswa mampu menjelaskan proses pembuahan pada
tumbuhan. |
L1 |
11 |
||
|
|
Teknologi
reproduksi pada tumbuhan |
Disajikan teks
singkat tentang teknologi reproduksi tumbuhan. Siswa mampu memilih teknologi
yang tepat untuk dikembangkan . |
L3 |
12 |
|
|
Teknologi
reproduksi pada tumbuhan |
Disajikan gambar.
Siswa mampu menjelaskan prosedur penerapan teknologi reproduksi pada tumbuhan. |
L2 |
13 |
|
|
Daur hidup sporophyta |
Disajikan bagan.
Siswa mampu menjelaskan proses daur hidup tumbuhan sporophyta. |
L2 |
14 |
|
|
Teknologi
reproduksi pada hewan |
Diberikan informasi
singkat tentang teknologi reproduksi pada hewan. Siswa mampu memilih
teknologi yang tepat untuk digunakan berdasarkan teks. |
L3 |
15 |
|
|
Pembuahan pada
hewan |
Diberikan informasi
tentang cara pembuahan yang terjadi pada beberapa hewan. Siswa mampu memprediksi
cara pembuahan hewan yang tepat berdasarkan data pada teks. |
L2 |
16 |
3 |
3.3 Menerapkan konsep
pewarisan sifat dalam pemuliaan
dan kelangsungan makhluk hidup |
Istilah-istilah
pada persilangan |
Diberikan
beberapa pernyataan tentang gen. Siswa
mampu menentukan sifat gen yang dimaksud. |
L1 |
17 |
DNA dan RNA |
Diberikan
informasi singkat. Siswa mampu menjelaskan konsep pewarisan sifat. |
L2 |
18 |
||
Persilangan
monohibid |
Disajikan gambar silsilah
keturunan pada hewan. Siswa mampu menganalisis sifat induk hewan berdasarkan
silsilah tersebut. |
L2 |
19 |
||
Persilangan
intermediet |
Diberikan informasi
singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi kemungkinan keturunan
dari persilangan terssebut. |
L2 |
20 |
||
Persilangan
dihibrid |
Diberikan informasi
singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi kemungkinan keturunan
dari persilangan terssebut. |
L2 |
21 |
||
Persilangan
dihibrid |
Diberikan informasi
singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi genotif bibit unggul
dari persiangan tersebut. |
L2 |
22 |
||
Adaptasi mahluk
hidup |
Diberikan
beberapa pernyataan tentang mahluk hidup. Siswa mampu menentukan adaptasi
mahluk hidup. |
L1 |
23 |
||
4 |
3.4 Menjelaskan
konsep listrik statis
dan gejalanya dalam kehidupan
sehari-hari |
Muatan atom |
Disajikan gambar
struktur atom. Siswa mampu menentukan jenis muatan atom. |
L1 |
24 |
Muatan listrik |
Diberikan informasi
singkat tentang sifat benda. Siswa mampu menentukan muatan benda berdasarkan
sifatnya. |
L2 |
25 |
||
Muatan listrik |
Diberikan gambar
percobaan muatan listrik. Siswa mampu menganalisis hubungan perpindahan
muatan listrik dengan sifat muatan benda. |
L2 |
26 |
||
Muatan listrik |
Disajikan gambar
benda bermuatan listrik. Siswa mampu menentukan arah aliran muatan-muatan
listriknya. |
L1 |
27 |
||
Gaya Coulomb |
Diberikan data.
Siswa mampu menghitung gaya Coulomb berdasarkan data |
L2 |
28 |
||
Gaya Coulomb |
Diberikan gambar
dua benda bermuatan. Siswa mampu menghitung gaya yang terjadi jika jarak
benda dirubah. |
L2 |
29 |
||
Beda potensial
listrik |
Diberikan
beberapa gambar grafik. Siswa mampu menghubungkan konsep beda potensial dan
kuat arus listrik menggunakan grafik |
L2 |
30 |
||
5 |
3.5 Menerapkan
konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber
energi listrik dalam kehidupan
sehari-hari termasuk
sumber energi listrik alternatif |
Tegangan listrik |
Diberikan informasi
tentang rangkaian tertutup. Siswa mampu menghitung tegangan pada rangkaian
listrik. |
L2 |
31 |
Perubahan energi |
Disajikan gambar
rangkaian listrik. Siswa mampu menyimpulkan perubahan energi yang terjadi. |
L2 |
32 |
||
Rangkaian listrik |
Diberikan gambar
rangkaian listrik. Siswa mampu menganalisis pengaruh pemasangan sakelar pada
rangkaian tersebut. |
L2 |
33 |
||
Energi dan daya
listrik |
Diberikan data pemakaian
listrik. Siswa mampu menghitung biaya pemakaian listrik. |
L2 |
34 |
||
Sumber energi
alternative. |
Siswa mampu
mengidentifikasi sumber energi terbarukan. |
L1 |
35 |
||
SOAL BERBASIS AN/AKM |
|||||
6 |
3.1 Menghubungkan sistem
reproduksi pada manusia dan
gangguan pada sistem reproduksi
dengan penerapan pola hidup
yang menunjang kesehatan reproduksi |
Menstruasi |
Disajikan teks
informasi dan gambar siklus menstruasi. Siswa mampu memprediksi waktu
terjadinya menstruasi. |
L3 |
36 |
7 |
3.2
Menganalisis penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan |
Teknologi
reproduksi pada tumbuhan |
Diberikan teks
informasi. Siswa mampu menemukan konsep dasar penerapan teknologi reproduksi
pada tumbuhan. |
L2 |
37 |
8 |
3.3 Menerapkan konsep
pewarisan sifat dalam pemuliaan
dan kelangsungan makhluk hidup |
Persilangan
dihibrid |
Disajikan diagram
hasil persilangan. Siswa mampu menghitung jumlah hasil persilangan
berdasarkan data pada diagram. |
L3 |
38 |
9 |
3.4 Menjelaskan
konsep listrik statis
dan gejalanya dalam kehidupan
sehari-hari |
loncatan muatan
listrik |
Diberikan artikel
tentang gejala alam. Siswa mampu menjelaskan konsep listrik pada gejala alam
yang dimaksud. |
L2 |
39 |
10 |
3.5 Menerapkan
konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber
energi listrik dalam kehidupan
sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif |
Energi dan daya
listrik |
Disajikan grafik persentase
kapasitas baterai yang diisi sebagai fungsi waktu. Siswa mampu menghitung energi
listrik terpakai dalam kurun waktu tertentu. |
L3 |
40 |
Komentar
Posting Komentar