KISI KISI PAT KELAS VIII TAHUN 2022

 

KISI-KISI PENULISAN SOAL PAS IPA

KELAS VIII

TAHUN PELAJARAN 2021-2022

 

Jenjang sekolah                       : Sekolah Menengah Pertama

Jumlah soal                              : 40 BUTIR

Mata pelajaran                         :  IPA

Bentuk Soal/tes                        :  Pilihan ganda

Alokasi waktu                          :  120 menit

 

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

7

8

1.

Menjelaskan tekanan zat dan

penerapannya dalam kehidupan

sehari-hari

Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan

Tekanan zat padat

Disajikan beberapa pernyataan terkait peristiwa yang berhubungan dengan tekanan, peserta didik dapat menujukkan pernyatan-pernyataan yang benar terkait tekanan pada zat padat

C2

PG

1

Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam

Gaya Archimedes

Disajikan fenomena terkait kapal selam, peserta didik dapat menentukan konsep benda terapung, melayang atau tenggelam berdasarkan hukum Archimedes

C2

PG

2

Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari)

Tekanan Zat Cair

Disajikan peristiwa terkait penyelaman, peserta didik dapat menentukan hubungan antara kedalaman air laut dengan tekanan zat cair dan ketersediaan oksigen pada kedalaman tertentu

C2

PG

3

 

Tekanan Zat Cair

Disajikan data, peserta didik dapat menentukan besarnya tekanan hidrostatis

C3

PG

4

 

Tekanan Zat Cair

Disajikan gambar empat buah tabung dan data masing-masing tabung, peserta didik dapat mengurutkan besar tekanan hidrostatis dari masing-masing tabung.

C3

PG

5

Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari

Hukum Pascal

Disajikan gambar pencuci mobil hidrolik. Peserta didik dapat menentukan besarnya gaya berdasarkan prinsip hukum Pascal

C3

PG

6

2

Menganalisis system peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada system peredaran darah, serta upaya menjaga Kesehatan system peredaran darah

Mengidentifikasi karakteristik dan fungsi masing-masing komponen penyusun darah

Struktur darah

Disajikan karakteristik komponen penyusun darah, peserta didik dapat menentukan karakteristik dari eritrosit dengan tepat

C2

PG

7

 

Proses Pembekuan Darah

Disajikan skema pembekuan darah, peserta didik dapat melengkapi urutan proses pembekuan darah pada manusia

C4

PG

8

Menjelaskan struktur dan fungsi jantung

Organ Jantung

Disajikan gambar jantung, peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian jantung

 

C2

PG

9

Menjelaskan karakteristik masing-masing pembuluh darah

Pembuluh darah

Disajikan tabel yang berisi ciri-ciri pembuluh  peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan pembuluh vena dan arteri

C2

PG

10

Menjelaskan system peredaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil

Aliran Darah

Disajikan gambar tentang aliran darah pada manusia, peserta didik  mampu menjelaskan sistem peredaran darah besar

C3

PG

11

Mendeskripsikan gangguan dan kelainan pada system peredaran darah dan upaya untuk mencegah dan mengatasinya.

Gangguan pada sistem peredaran darah dan upaya pencegahan

Disajikan informasi tentang penyakit hemofilia,  peserta didik dapat menyebutkan tindakan prefentif bagi penderita hemofilia

C4

PG

12

Menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi denyut jantung pada manusia

Frekuensi denyut jantung

Disajikan data mengenai percobaan intensitas denyut jantung, peserta didik  mampu menyimpulkan faktor yang mempengaruhi frekuensi denyut jantung

C4

PG

13

3

Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan

Menjelaskan struktur organ pada sistem pernapasan manusia

 

Organ-organ pernafasan

Diberikan ciri-ciri salah satu organ pernapasan manusia, peserta didik dapat menentukan nama organ pernapasan dengan tepat

C2

PG

14

 

 

Disajikan gambar tentang alat pernafasan, peserta didik dapat menentukan bagian alat pernafasan yang ditunjuk beserta prosesnya dengan benar

C2

PG

15

 

 

Disajikan beberapa pernyataan tentang fungsi jaringan organ-organ pernapasan, peserta didik dapat menentukan fungsi jaringan organ pernafasan dengan tepat

C2

PG

16

Menganalisis mekanisme pernapasan manusia

Pernafasan dada dan pernfasan perut

Disajikan pernyataan tentang mekanisme pernafasan, peserta didik dapat menentukan tahapan mekanisme pernafasan dengan tepat

C3

PG

17

Menelaah jenis-jenis volume pernapasan

Volume pernafasan

Disajikan grafik volume pernapasan, peserta didik menentukan jenis volume pernapasan beserta jumlah volumenya yang tepat berdasarkan grafik tersebut

C4

PG

18

Menjelaskan gangguan pada sistem pernapasan manusia dan upaya pencegahan atau penanggulangannya

Gangguan dan penyakit pada sistem pernafasan

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan penyebab terjadinya salah satu jenis gangguan pernapasan

C3

PG

19

4

Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi

Menjelaskan organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia

Organ eksresi

Disajikan pernyataan tentang ciri suatu organ, peserta didik mampu menyebutkan ciri organ kulit

C2

PG

20

 

 

Disajikan pernyataan tentang ciri suatu organ ekresi, peserta didik mampu menentukan organ ekresi yang dimaksud

C2

PG

21

 

 

Diberikan gambar organ, peserta didik diminta menjelaskn fungsi dari organ tersebut

C2

PG

22

Mengaitkan struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia

Struktur dan fungsi organ ekskresi

Disajikan gambar struktur ginjal, pesreta didik dapt menentukan proses yang berlangsung pada bagian tersebut

C2

PG

23

 

 

Disajikan gambar penampang pada kulit, peserta didik dapat menganalisis proses apa yang terjadi pada bagian tersebu

C4

PG

24

Mengaitkan gangguan dan upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi pada manusia

Gangguan pada Sistem Ekskresi

Disajikan fakta tentang penyakit pada organ ekskresi, peserta didik mampu mendeteksi nama penyakit

C4

PG

25

 

 

 Disajikan sebuah pernyataan peserta didik dapat menentukan upaya menjaga organ ekskresi dengan tepat

C2

PG

26

5

Menganalisis konsep getaran,

gelombang, dan bunyi dalam

kehidupan sehari-hari termasuk

sistem pendengaran manusia dan

sistem sonar pada hewan

Mengidentifikasi  getaran pada kehidupan sehari-hari

Getaran pada Ayunan

Disajikan gambar ayunan, peserta didik dapat mengidentifikasi amplitudo pada ayunan tersebut

C2

PG

27

Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran 

Getaran

Disajikan gambar dan data gerakan sebuah ayunan sederhana, peserta didik dapat menghitung periode ayunan

C3

PG

28

 

Getaran

Disajikan data jumlah dan waktu getaran, peserta didik dapat menentukan nilai terkait periode dan frekuensi

C3

PG

29

Mengidentifikasi fenomena gelombang dalam kehidupan sehari-hari

Gelombang

Disajikan artikel terkait gempa, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik gelombang dari suatu wacana

C2

PG

30

Menghitung kecepatan rambat gelombang

Gelombang

Disajikan gambar dan data terkait gelombang transversal, peserta didik dapat menghitung panjang gelombang, periode dan cepat rambat gelombang

C3

PG

31

Mengidentifikasi cepat rambat bunyi

Bunyi

Disajikan data terkait cepat rambat bunyi berbagai jenis medium, peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan cepat rambat bunyi dengan jenis medium dan suhu suatu zat.

C2

PG

32

Mengaplikasikan prinsip pemantulan bunyi terkait pengukuran suatu jarak dalam kehidupan sehari-hari

Pemantulan Bunyi

Disajikan data dan gambar, peserta didik dapat menentukan jarak antara sumber bunyi dengan benda pemantulnya.

C3

PG

33

6

Menganalisis sifat-sifat cahaya,

pembentukan bayangan pada bidang

datar dan

lengkung

serta

penerapannya

Menyelesaikan masalah terkait jarak benda, jarak bayangan dan ukuran minimal cermin datar

Cermin datar

Disajikan sebuah data, peserta didik dapat menentukan tinggi minimal cermin datar berdasarkan konsep pemantulan cahaya pada cermin datar

C3

PG

34

Menyelesaikan masalah terkait jarak fokus, jarak benda, jarak bayangan dan perbesaran bayangan pada cermin cekung

Cermin Cekung

Disajikan data, peserta didik dapat menentukan jarak benda pada cermin cekung

C3

PG

35

Mendeskripsikan penenrapan cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari

Cermin Cekung

Disajikan produk teknologi sederhana yang berhubungan dengan cermin cekung, peserta didik dapat menunjukkan penggunaan teknologi tersebut dengan tepat

C2

PG

36

Menyelesaikan masalah terkait jarak fokus, jarak benda, jarak bayangan dan perbesaran bayangan pada lensa cembung

Lensa Cembung

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menghitung jarak  benda lensa cembung.

C3

PG

37

Mengidentifikasi karakteristik lensa

Alat optik

Disajikan suatu masalah, peserta didik dapat menentukan jenis lensa untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut

C2

PG

38

Meningidentifikasi cacat mata

Alat Optik

Disajikan suatu gambar, peserta didik dapat menentukan jenis cacat mata dan kacamata yang tepat

C2

PG

39

Menjelaskan konsep  lup sebagai alat optik

Alat Optik

Disajikan suatu masalah terkait alat optik, peserta didik dapat menentukan penggunaan alat optik yang benar.

C3

PG

40

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMAGNETAN

Tata Cara Sholat Berjamaah, Pesantren Kelas 7F, 7G dan 8A ( 18 Mei 2020 )

MAGNET KELAS IX