KISI KISI PAT KELAS VIII TAHUN 2022
KISI-KISI PENULISAN SOAL PAS IPA
KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Jenjang sekolah : Sekolah Menengah
Pertama
Jumlah soal : 40 BUTIR
Mata pelajaran : IPA
Bentuk Soal/tes : Pilihan ganda
Alokasi waktu : 120 menit
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1. |
Menjelaskan
tekanan zat dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari |
Menemukan
hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui
percobaan |
Tekanan zat padat |
Disajikan beberapa pernyataan terkait peristiwa yang
berhubungan dengan tekanan, peserta didik dapat menujukkan pernyatan-pernyataan
yang benar terkait tekanan pada zat padat |
C2 |
PG |
1 |
Menunjukkan
beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan
konsep benda terapung, melayang dan tenggelam |
Gaya Archimedes |
Disajikan fenomena terkait kapal selam, peserta didik
dapat menentukan konsep benda terapung, melayang atau tenggelam berdasarkan
hukum Archimedes |
C2 |
PG |
2 |
||
Mengaplikasikan
konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan
(dalam penyelesaian masalah sehari- hari) |
Tekanan Zat Cair |
Disajikan peristiwa terkait penyelaman, peserta didik dapat
menentukan hubungan antara kedalaman air laut dengan tekanan zat cair dan ketersediaan
oksigen pada kedalaman tertentu |
C2 |
PG |
3 |
||
|
Tekanan Zat Cair |
Disajikan data, peserta didik dapat menentukan besarnya
tekanan hidrostatis |
C3 |
PG |
4 |
||
|
Tekanan Zat Cair |
Disajikan gambar empat buah tabung dan data
masing-masing tabung, peserta didik dapat mengurutkan besar tekanan hidrostatis
dari masing-masing tabung. |
C3 |
PG |
5 |
||
Mengaplikasikan
prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari |
Hukum Pascal |
Disajikan gambar pencuci mobil hidrolik. Peserta didik
dapat menentukan besarnya gaya berdasarkan prinsip hukum Pascal |
C3 |
PG |
6 |
||
2 |
Menganalisis
system peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada system
peredaran darah, serta upaya menjaga Kesehatan system peredaran darah |
Mengidentifikasi
karakteristik dan
fungsi masing-masing komponen penyusun darah |
Struktur
darah |
Disajikan
karakteristik komponen penyusun darah, peserta didik dapat menentukan
karakteristik dari eritrosit dengan tepat |
C2 |
PG |
7 |
|
Proses
Pembekuan Darah |
Disajikan
skema pembekuan darah, peserta didik dapat melengkapi urutan proses pembekuan
darah pada manusia |
C4 |
PG |
8 |
||
Menjelaskan
struktur dan fungsi jantung |
Organ
Jantung |
Disajikan
gambar jantung, peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian jantung |
C2 |
PG |
9 |
||
Menjelaskan
karakteristik masing-masing pembuluh darah |
Pembuluh darah |
Disajikan
tabel yang berisi ciri-ciri pembuluh peserta
didik dapat mengidentifikasi perbedaan pembuluh vena dan arteri |
C2 |
PG |
10 |
||
Menjelaskan
system peredaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil |
Aliran
Darah |
Disajikan
gambar tentang aliran darah pada manusia, peserta didik mampu menjelaskan sistem peredaran darah besar |
C3 |
PG |
11 |
||
Mendeskripsikan
gangguan dan kelainan pada system peredaran darah dan upaya untuk mencegah
dan mengatasinya. |
Gangguan
pada sistem peredaran darah dan upaya pencegahan |
Disajikan
informasi tentang penyakit hemofilia, peserta
didik dapat menyebutkan tindakan prefentif bagi penderita hemofilia |
C4 |
PG |
12 |
||
Menganalisis
factor-faktor yang mempengaruhi denyut jantung pada manusia |
Frekuensi
denyut jantung |
Disajikan
data mengenai percobaan intensitas denyut jantung, peserta didik mampu menyimpulkan faktor yang mempengaruhi
frekuensi denyut jantung |
C4 |
PG |
13 |
||
3 |
Menganalisis
sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan,
serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan |
Menjelaskan struktur organ pada
sistem pernapasan manusia |
Organ-organ
pernafasan |
Diberikan
ciri-ciri salah satu organ pernapasan manusia, peserta didik dapat menentukan
nama organ pernapasan dengan tepat |
C2 |
PG |
14 |
|
|
Disajikan
gambar tentang alat pernafasan, peserta didik dapat menentukan bagian alat
pernafasan yang ditunjuk beserta prosesnya dengan benar |
C2 |
PG |
15 |
||
|
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang fungsi jaringan organ-organ pernapasan, peserta
didik dapat menentukan fungsi jaringan organ pernafasan dengan tepat |
C2 |
PG |
16 |
||
Menganalisis mekanisme
pernapasan manusia |
Pernafasan
dada dan pernfasan perut |
Disajikan
pernyataan tentang mekanisme pernafasan, peserta didik dapat menentukan
tahapan mekanisme pernafasan dengan tepat |
C3 |
PG |
17 |
||
Menelaah jenis-jenis
volume pernapasan |
Volume
pernafasan |
Disajikan grafik volume pernapasan, peserta didik menentukan jenis
volume pernapasan beserta jumlah volumenya yang tepat berdasarkan grafik
tersebut |
C4 |
PG |
18 |
||
Menjelaskan gangguan
pada sistem pernapasan manusia dan upaya pencegahan atau penanggulangannya |
Gangguan
dan penyakit pada sistem pernafasan |
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menentukan penyebab terjadinya salah satu jenis gangguan pernapasan |
C3 |
PG |
19 |
||
4 |
Menganalisis
sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta
upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi |
Menjelaskan
organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia |
Organ eksresi |
Disajikan
pernyataan tentang ciri suatu organ, peserta didik mampu menyebutkan ciri
organ kulit |
C2 |
PG |
20 |
|
|
Disajikan
pernyataan tentang ciri suatu organ ekresi, peserta didik mampu menentukan
organ ekresi yang dimaksud |
C2 |
PG |
21 |
||
|
|
Diberikan
gambar organ, peserta didik diminta menjelaskn fungsi dari organ tersebut |
C2 |
PG |
22 |
||
Mengaitkan
struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia |
Struktur
dan fungsi organ ekskresi |
Disajikan
gambar struktur ginjal, pesreta didik dapt menentukan proses yang berlangsung
pada bagian tersebut |
C2 |
PG |
23 |
||
|
|
Disajikan
gambar penampang pada kulit, peserta didik dapat menganalisis proses apa yang
terjadi pada bagian tersebu |
C4 |
PG |
24 |
||
Mengaitkan
gangguan dan upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi pada manusia |
Gangguan
pada Sistem Ekskresi |
Disajikan
fakta tentang penyakit pada organ ekskresi, peserta didik mampu mendeteksi
nama penyakit |
C4 |
PG |
25 |
||
|
|
Disajikan sebuah pernyataan peserta didik
dapat menentukan upaya menjaga organ ekskresi dengan tepat |
C2 |
PG |
26 |
||
5 |
Menganalisis
konsep getaran, gelombang,
dan bunyi dalam kehidupan
sehari-hari termasuk sistem
pendengaran manusia dan sistem
sonar pada hewan |
Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari |
Getaran pada Ayunan |
Disajikan gambar ayunan, peserta didik dapat
mengidentifikasi amplitudo pada ayunan tersebut |
C2 |
PG |
27 |
Mengukur
perioda dan frekuensi suatu getaran |
Getaran |
Disajikan gambar dan data gerakan sebuah ayunan
sederhana, peserta didik dapat menghitung periode ayunan |
C3 |
PG |
28 |
||
|
Getaran |
Disajikan data jumlah dan waktu getaran, peserta didik
dapat menentukan nilai terkait periode dan frekuensi |
C3 |
PG |
29 |
||
Mengidentifikasi fenomena gelombang dalam kehidupan
sehari-hari |
Gelombang |
Disajikan artikel terkait gempa, peserta didik dapat
mengidentifikasi karakteristik gelombang dari suatu wacana |
C2 |
PG |
30 |
||
Menghitung kecepatan rambat gelombang |
Gelombang |
Disajikan gambar dan data terkait gelombang transversal,
peserta didik dapat menghitung panjang gelombang, periode dan cepat rambat gelombang |
C3 |
PG |
31 |
||
Mengidentifikasi cepat rambat bunyi |
Bunyi |
Disajikan data terkait cepat rambat bunyi berbagai jenis
medium, peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan cepat rambat bunyi
dengan jenis medium dan suhu suatu zat. |
C2 |
PG |
32 |
||
Mengaplikasikan
prinsip pemantulan bunyi terkait pengukuran suatu jarak dalam kehidupan
sehari-hari |
Pemantulan Bunyi |
Disajikan data dan gambar, peserta didik dapat
menentukan jarak antara sumber bunyi dengan benda pemantulnya. |
C3 |
PG |
33 |
||
6 |
Menganalisis
sifat-sifat cahaya, pembentukan
bayangan pada bidang datar
dan lengkung
serta penerapannya |
Menyelesaikan masalah terkait jarak benda, jarak
bayangan dan ukuran minimal cermin datar |
Cermin datar |
Disajikan sebuah data, peserta didik dapat menentukan tinggi
minimal cermin datar berdasarkan konsep pemantulan cahaya pada cermin datar |
C3 |
PG |
34 |
Menyelesaikan masalah terkait jarak fokus, jarak benda,
jarak bayangan dan perbesaran bayangan pada cermin cekung |
Cermin Cekung |
Disajikan data, peserta didik dapat menentukan jarak
benda pada cermin cekung |
C3 |
PG |
35 |
||
Mendeskripsikan penenrapan cermin cekung dalam kehidupan
sehari-hari |
Cermin Cekung |
Disajikan produk teknologi sederhana yang berhubungan dengan
cermin cekung, peserta didik dapat menunjukkan penggunaan teknologi tersebut
dengan tepat |
C2 |
PG |
36 |
||
Menyelesaikan masalah terkait jarak fokus, jarak benda,
jarak bayangan dan perbesaran bayangan pada lensa cembung |
Lensa Cembung |
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat
menghitung jarak benda lensa cembung. |
C3 |
PG |
37 |
||
Mengidentifikasi karakteristik lensa |
Alat optik |
Disajikan suatu masalah, peserta didik dapat menentukan
jenis lensa untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut |
C2 |
PG |
38 |
||
Meningidentifikasi cacat mata |
Alat Optik |
Disajikan suatu gambar, peserta didik dapat menentukan
jenis cacat mata dan kacamata yang tepat |
C2 |
PG |
39 |
||
Menjelaskan
konsep lup sebagai alat optik |
Alat Optik |
Disajikan suatu masalah terkait alat optik, peserta
didik dapat menentukan penggunaan alat optik yang benar. |
C3 |
PG |
40 |
Komentar
Posting Komentar