KISI-KISI UJIAN SEKOLAH TAHUN 2023
KISI-KISI SOAL US 2023
Jenis Sekolah : SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Kurikulum : Kurikulum 2013
Jumlah Soal : 40 Butir
Mata Pelajaran : IPA
Bentuk Soal/ tes : Pilihan Ganda
Alokasi Waktu : 2 Jam
Kisi-Kisi
Penulisan Soal
No |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1
|
Besaran dan Satuan |
Disajikan gambar hasil pengukuran
besaran panjang, peserta didik dapat menentukan nilai dan satuan hasil
pengukuran tersebut dengan tepat |
PG |
1 |
2
|
Zat
dan Perubahannya |
Disajikan tabel
beberapa nama campuran berikut cara pemisahan campuran, peserta didik dapat mengelompokkan
cara pemisahan campuran yang sesuai dengan karakteristik campuran yang
dipisahkan |
PG |
2 |
3
|
Suhu
dan Pemuaian |
Disajikan gambar
dua termometer dengan skala yang berbeda, peserta didik dapat menentukan suhu
pada termometer yang dimaksud dengan benar |
PG |
3 |
4
|
Kalor |
Disajikan grafik kalor - suhu suatu
zat, peserta didik dapat menentukan wujud zat yang dimaksud pada grafik
dengan benar |
PG |
4 |
5
|
Energi |
Disajikan
gambar aktivitas benda, peserta didik dapat menetukan perubahan jenis energi
yang terjadi pada benda tersebut dengan benar |
PG |
5 |
6
|
Gerak
Benda |
Disajikan gambar dua sepeda yang
bergerak berhadapan saling mendekati, peserta didik dapat menentukan
waktu/jarak keduanya bertemu dengan benar |
PG |
6 |
7
|
Pesawat
Sederhana |
Disajikan gambar kerja sebuah tuas
pada benda, peserta didik dapat menentukan
pernyataan yang benar berdasarkan ananlisis gambar tersebut |
PG |
7 |
8
|
Tata
Surya |
Disajikan gambar siklus rotasi dan
revolusi bumi terhadap matahari, peserta didik dapat menganalisis pengaruh
siklus tersebut terhadap keadaan yang terjadi diberbagai belahan bumi dengan
benar |
PG |
8 |
9
|
Tekanan |
Disajikan gambar dongkrak hidrolik
yang bekerja pada sebuah benda, peserta didik dapat menentukan gaya minimal agar
benda tersebut dapat terangkat |
PG |
9 |
10
|
Bunyi
|
Disajikan gambar/paragraf terkait
pemantulan bunyi, peserta didik dapat menentukan cepat rambat bunyi tersebut
dengan benar |
PG |
10 |
11
|
Getaran
dan Gelombang |
Disajikan ilustrasi sebuah pegas yang
sedang melakukan getaran, peserta didik dapat menentukan frekuensi/periode
dari getaran pegas tersebut dengan benar
|
PG |
11 |
12
|
Cahaya |
Disajikan ilustrasi proses pembentukan bayangan pada
mata seseorang, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar untuk mendeskripsikan
gambar tesebut |
PG |
12 |
13
|
Listrik
Statis |
Disajikan data interaksi beberapa
muatan yang saling berdekatan, peserta didik dapat menentukan jenis setiap
muatan dengan benar |
PG |
13 |
14
|
Listrik
Dinamis |
Disajikan
gambar rangkaian listrik, peserta didik dapat menganalisis nyala lampu pada
rangkaian tersebut dengan benar |
PG |
14 |
15
|
Energi
dan Daya Listrik |
Disajikan data
penggunaan sebuah motor listrik pada suatu alat rumah tangga, peserta didik
dapat menghitung daya/energi yang digunakan dengan benar |
PG |
15 |
16
|
Kemagnetan |
Disajikan
gambar sebuah magnet yang diletakkan di depan solenoid, peserta didik dapat
menentukan keadaan yang terjadi ketika solenoid tersebut dialiri arus listrik |
PG |
16 |
17
|
Transformator |
Disajikan
data mengenai penggunaan sebuah trafo, peserta didik dapat menghitung
efisiensi trafo tersebut dengan benar |
PG |
17 |
18
|
Atom,
Ion dan Molekul |
Disajikan suatu molekul unsur/senyawa,
peserta didik dapat menentukan jumlah atom pada molekul tersebut dengan benar |
PG |
18 |
19
|
Tanah
dan Kehidupan |
Disajikan wacana mengenai tanah dan
kehidupan, peserta didik dapat
menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko buruk dari
dampak penggunaan tanah |
PG |
19 |
20
|
Produk
Teknologi Ramah Lingkungan |
Disajikan beberapa
produk teknologi ramah lingkungan, peserta didik dapat mengelompokkan
produk-produk tersebut pada bidang penerapannya dengan benar |
PG |
20 |
21
|
Gejala
Alam Biotik dan Abiotik |
Disajikan beberapa pernyataan terkait
komponen biotik dan abiotic, peserta didik dapat menentukan komponen abiotik
yang mempengaruhi komponen biotik dengan benar |
PG |
21 |
22
|
Fotosintesis |
Disajikan
diagram percobaan fotosintesis, peserta didik dapat memprediksi peristiwa
yang akan terjadi akibat perlakuan tertentu |
PG |
22 |
23
|
Klasifikasi
Makhluk Hidup |
Disajikan data beberapa jenis
tumbuhan, peserta didik dapat menentukan kelompok tumbuhan berdasarkan ciri
tertentu dengan benar |
PG |
23 |
24
|
Interaksi
antar makhluk hidup |
Disajikan bagan jaring-jaring makanan,
peserta didik dapat menentukan jenis organisme untuk mengisi bagan yang
dikosongkan dengan benar |
PG |
24 |
25
|
Pencemaran
Lingkungan |
Disajikan tabel berisi data indikator
pencemaran lingkungan di beberapa kota, peserta didik dapat menentukan kota
yang tidak tercemar dengan benar |
PG |
25 |
26
|
Sistem
Organisasi Kehidupan |
Disajikan beberapa pernyataan terkait
ciri-ciri sel, peserta didik dapat menentukan jenis sel yang dimaksud dengan
benar berdasarkan ciri-ciri sel tersebut |
PG |
26 |
27
|
Mitigasi
Bencana |
Diberikan pernyataan/paragraf yang
berkaitan dengan bencana, peserta didik dapat menentukan tindakan yang tepat
dalam penanggulangan risiko ancaman bencana yang terjadi (di daerahnya) |
PG |
27 |
28
|
Gerak
Pada Makhluk Hidup |
Disajikan data aktivitas gerak
berbagai organisme, peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis gerak dari
suatu organisme dengan benar |
PG |
28 |
29
|
Gerak
pada Manusia |
Disajikan beberapa pernyataan tentang
Otot, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar |
PG |
29 |
30
|
Struktur
dan Fungsi Jaringan Tumbuhan |
Disajikan beberapa pernyataan terkait
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, peserta didik dapat menentukan
pernyataan yang benar |
PG |
30 |
31
|
System
Pencernaan Makanan |
Disajikan data tentang fungsi organ
pencernaan, peserta didik dapat menganalisis pernyataan yang benar |
PG |
31 |
32
|
Zat
Aditif |
Disajikan data berbagai bahan tambahan
makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis bahan tambahan makanan |
PG |
32 |
33
|
Zat
Adiktif |
Disajikan beberapa pernyataan mengenai
pengaruh zat adiktif, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tepat
mengenai pengaruh zat adiktif yang tergolong ke dalam jenis psikotropika. |
PG |
33 |
34
|
Sistem
Peredaran Darah Manusia |
Disajikan gambar skema pembekuan
darah, peserta didik dapat melengkapi bagian yang kosong dengan benar |
PG |
34 |
35
|
Sistem
Pernapasan Manusia |
Disajikan pernyataan terkait system
pernafasan manusia, peserta didik dapat menganalisis pernyataan yang benar |
PG |
35 |
36
|
Sistem
Ekskresi |
Disajikan pernyataan terkait system
ekskresi manusia, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar |
PG |
36 |
37
|
Sistem
Reproduksi Manusia |
Disajikan gambar Spermatogenesis,
peserta didik dapat menentukan tahapan pembelahannya dengan benar |
PG |
37 |
38
|
Reproduksi
Tumbuhan |
Disajikan gambar organ reproduksi
tumbuhan, peserta didik dapat menganalisis pernyataan yang benar berdasarkan
gambar tersebut |
PG |
38 |
39
|
Pewarisan
Sifat |
Disajikan bagan persilangan tumbuhan,
peserta didik dapat menentukan genotif tumbuhan secara berurut |
PG |
39 |
40
|
Bioteknologi
|
Disajikan data proses/kegiatan bioteknologi,
peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis bioteknologi yang diterapkan
dengan benar |
PG |
40 |
Komentar
Posting Komentar