KISI KISI UJIAN SEMESTER GENAP IPA KELAS 7 ( 5 JUNI 2020 )
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP SMP/MTs KOTA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : VII /GENAP
KURIKULUM : 2013
BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Indikator Soal
|
No soal
|
Level Kognitif
|
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
|
Interaksi Mahkluk hidup dengan lingkungan
· Pengertian Lingkungan
· Hal Hal yang ditemukan dalam suatu lingkungan
· Interaksi dalam ekosistem Membentuk suatu pola
· Pola Interaksi Manusia Mempengaruhi Ekosistem
|
Disajikan data observasi peserta didik dapat menentukan komponen abiotik dan komponen biotic.
Disajikan data pada ekosistem perairan, peserta didik dapat menentukan organisme yang menderita jika terjadi pencemaran logam berat pada perairan.
Disajikan data berbagai simbiosis peserta didik dapat menentukan hubungan simbiosis yang benar
Peserta didik dapat menyebutkan contoh hewan berdasarkan jenis makanannya
|
1
2
3
25
|
L2
L2
L2
L1
|
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
|
Pencemaran lingkungan
· Definisi Pencemaran
· Pencemaran air
· Pencemaran udara
· Pencemaran tanah
|
Peserta didik mampu menganalisis prosedur pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan salah satu cara 4R
Peserta didik dapat menentukan prosedur pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaram dari limbah organikyang berasal dari tubuh manusia.
Disajikan data dampak pencemaran pencemaran peserta didik dapat menentukan dampak secara tidak langsung akibat eutropikasi,
Disajikan data cara mengatasi pencemaran lingkungan, peserta didik dapat menentukan cara yang benar untuk mengatasi pencemaran tanah.
|
4
5
6
7
|
L2
L2
L2
L2
|
3.9 Menganalisis perubahan
iklim dan dampaknya
bagi ekosistem
|
Perubahan Iklim
· Pemanasan global
· PenyebabTerjadinya
Perubahan iklim
· Dampak perubahan
Iklim bagi ekosistem
|
Disajikan data, peserta didik dapat menentukan penyebab pemanasan global
Peserta didik dapat menentukan dampak pemanasan global terhadap ekosistem
Peserta didik dapat menentukan pencegahan pemanasan global yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat mendeskripsikan akibat yang ditimbulkan dari masalah lingkungan seperti efek rumah kaca yang terjadi secara global
Peserta didik dapat mendeskripsikan usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi terjadinya efek rumah kaca
Peserta didik dapat mendeskripsikan usaha alternatif untuk mengatasi peningkatan gas efek rumah kaca.
|
8
9
10
11
12
13
|
L2
L1
L3
L2
L2
L2
|
3.10 Menjelaskan lapisan
bumi, gunung api,
gempa bumi, dan
tindakan
pengurangan resiko
sebelum, pada saat,
dan pasca bencana
sesuai ancaman
bencana di daerahnya
|
Lapisan Bumi dan
Bencana
· Lapisan bumi Gunung api
· Gempa bumi dan
tsunami
· Tindakan tanggap bencana
|
Disajikan data, peserta didik dapat menentukan urutan lapisan atmosfer
Peserta didik dapat menentukan fungsi dari lapisan ozon di atmosfer
Disajikan contoh peristiwa alam, Peserta didik dapat mengelompokkan peristiwa alam dengan aspek lapisan bumi
Peserta didik dapat mendeskripsikan istilah yang digunakan pada saat terjadi gempa bumi atau letusan gunung berapi
|
14
15
16
17,18
|
L1
L1
L1
L2
|
3.11 Menganalisis system
tata surya, rotasi dan
revolusi bumi, rotasi
dan revolusi bulan,
serta dampaknya bagi
kehidupan di bumi
|
Tata Surya
· Sistem tata surya
· Karakteristik anggota tata surya
· Matahari sebagai bintang
· Dampak rotasi dan revolusi bumi bagi
kehidupan dibumi
· Gerhana bulan dan matahari
· Terjadinya pasang surut air laut
|
Peserta didik dapat menyebutkan lapisan matahari
Disajikan beberapa data fenomena alam, peserta didik dapat menentukan fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi
|
19
20
|
L1
L2
|
3.6 Memahami sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel
|
Sistem Organisasi
Kehidupan
· Sel Sebagai Unit Struktur dan Organisasi Kehidupan
· Jaringan jaringan pada sel
· Organ Organ pada hewan dan tumbuhan
· Sistem Organ dan Organisme
|
Peserta didik dapat mengurutkan system organisasi kehidupan
Peserta didik dapat menyebutkan bagian terkecil dari makhluk hidup
Peserta didik dapat menyebutkan fungsi salah satu organel sel tumbuhan
Peserta didik dapat mengurutkan organ dari system pernapasan manusia
|
21
22
23
24
|
L1
L1
L1
L1
|
Keterangan:
Karakteristik soal pada Level Kognitif
L1 = Pengetahuan dan Pemahaman
L2 = Aplikasi
L3 = Penalaran
Komentar
Posting Komentar