kisi kisi Ujian Sekolah SMP 2022
Sekolah : SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX/ Genap
Materi Pokok : Kisi kisi Ujian Sekolah
Tanggal : 4 April 2022
Assalamu'alaikum........
Hari ini bapak ingin memberikan Kisi kisi Ujian sekolah, karena minggu depan kalian sudah Ujian. tolong di pelajari ya,,,
Jumlah Soal : 40 Butir
Mata Pelajaran : IPA
Bentuk Soal/ tes : Pilihan Ganda
Alokasi Waktu : 2 Jam
Kisi-Kisi
Penulisan Soal
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1
|
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai
besaran dengan menggunakan satuan standar (baku). |
Menentukan
besaran Fisika dan satuan yang sesuai |
Besaran dan Satuan |
Disajikan tabel besaran dan satuan, peserta didik
dapat menentukan pasangan yang tepat |
C1 |
PG |
1 |
2
|
3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan karakteristik yang diamati. |
Mengidentifikasi
hewan anggota mamalia |
Klasifikasi
Makhluk Hidup |
Disajikan
data jenis-jenis hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan anggota
kelas mamalia |
C1 |
PG |
2 |
3
|
3.3 Menjelaskan konsep campuran, zat dan
contoh perubahannya dalam kehidupan sehari - hari. |
Menganalisis
jenis perubahan wujud zat |
Klasifikasi
materi dan perubahannya |
Disajikan diagram perubahan wujud zat, peserta
didik dapat menganalisis jenis perubahan wujud zat |
C4 |
PG |
3 |
4
|
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian,
kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan. |
Menganalisis Konsep suhu, pemuaian, kalor dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari |
Suhu dan
Pemuaian |
Disajikan nilai skala suhu celcius, peserta didik
dapat mengkorvesi ke skala yang lain (R, F atau Kelvin) |
C3 |
PG |
4 |
5
|
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama
penyusun sel. |
Menjelaskan
fungsi organ tumbuhan |
Sistem
Organisasi Kehidupan |
Disajikan
gambar penampang akar tumbuhan, peserta didik dapat menjelaskan fungsi
bagaian yang ditunjukkan |
C2 |
PG |
5 |
6
|
3.7 Menganalisis
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi tersebut. |
Memprediksi
akibat punahnya komponen penyusun ekosistem |
Interaksi
antar makhluk hidup |
Disajikan
diagram jarring-jaring makanan, peserta didik dapat memprediksi akibat yang
akan muncul dari punahnya salah satu komponen penyusun ekosistem |
C3 |
PG |
6 |
7
|
3.9 Menganalisis
perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem. |
Mengkatagorikan
jenis gas rumah yang dihasilkan dari aerosol |
Perubahan
Iklim |
Disajikan
gambar aerosol, peserta didik dapat mengkatagorikan jenis gas rumah kaca yang
dihasilkan |
C2 |
PG |
7 |
8
|
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan
revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di
bumi |
Menjelaskan terjadinya pasang purnama |
Tata
Surya |
Disajikan gambar posisi bulan saat mengelilingi bumi, peserta didik
dapat menjelaskan terjadinya pasang purnama |
C2 |
PG |
8 |
9
|
3.1 Menganalisis
gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga
kesehatan sistem gerak. |
Mengidentifikasi
jenis tulang anggota gerak |
Gerak
pada Makhluk Hidup |
Disajikan
data jenis-jenis tulang, peserta didik dapat mengidentifikasi tulang penyusun
anggota gerak |
C3 |
PG |
9 |
10 |
3.2 Menganalisis
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan
penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup. |
Menganalisis gerak
lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan
penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup. |
Gerak |
Menentukan percepatan pada benda jika massa benda ditambah/dikurangi dengan nilai
tertentu |
C2 |
PG |
10 |
11 |
3.3 Menjelaskan
konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia. |
Menjelaskan konsep
pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Pesawat Sederhana |
Disajikan gambar tuas, peserta didik dapat menghitung
besarnya keuntungan mekanik pada tuas |
C3 |
PG |
11 |
12 |
3.4 Mendeskripsikan
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi
yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan. |
Mengaitkan
jenis teknologi dengan jaringan dan organ pada tumbuhan |
Struktur
Tumbuhan |
Disajikan
gambar organ tumbuhan, peserta didik dapat mengaitkan jenis teknologi yang
terinspirasi dari jaringan dan organ pada tumbuhan |
C5 |
PG |
12 |
13 |
3.5 Menganalisis
sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem
pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan. |
Memerinci
jenis dan letak enzim serta fungsinya |
System
Pencernaan Makanan |
Disajikan
tabel enzim dan peranannya, peserta didik dapat memerinci jenis dan letak
enzim |
C5 |
PG |
13 |
14 |
3.6 Menjelaskan
berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya
terhadap kesehatan. |
Mengidentifikasi
jenis bahan tambahan makanan |
Zat
Aditif dalam Makanan |
Disajikan data berbagai bahan tambahan makanan, peserta
didik dapat mengidentifikasi jenis bahan tambahan makanan |
C1 |
PG |
14 |
15 |
3.7 Menganalisis
sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem
peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah. |
15.
Menentukan prosentase kenaikan detak jantung 16. Mengurutkan peredaran darah besar
dan kecil |
System
Peredaran Darah Manusia |
15.
Disajikan tabel hubungan antara aktivitas dengan jumlah detak jantung, peserta
didik dapat menghitung besarnya prosentase kenaikan detak jantung 16.
Disajikan gambar skema jantung dan pembuluh darah, peserta didik dapat
mengurutkan peredaran darah besar dan kecil |
C3 C3 |
PG |
15 16 |
16 |
3.8 Menjelaskan
tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari - hari. |
Menjelaskan tekanan
zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari - hari. |
Tekanan |
Menghitung besarnya tekanan dengan rumus P |
C3 |
PG |
17 |
17 |
3.9 Menganalisis
sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan,
serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan. |
Mengaitkan
hubungan antara data gejala penyakit dan cara penanggulangganya |
System
Pernafasan Manusia |
Disajikan data gejala penyakit dan cara penaggulangannya, peserta didik dapat mengaitkannya |
C4 |
PG |
18 |
18 |
3.10 Menganalisis
sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta
upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi. |
Menentukan
jenis penyakit pada system ekskresi manusia |
Sistem
Ekskresi |
Disajikan wacana gejala sakit pada seseorang , peserta
didik dapat menentukan jenis penyakit yang diderita |
C3 |
PG |
19 |
19 |
3.11 Menganalisis
konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari - hari termasuk
sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan. |
Menganalisis konsep
getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari - hari |
Getaran, gelombang dan Bunyi |
Disajikan gambar gelombang longitudinal, peserta
didik dapat menentukan banyaknya gelombang dengan tepat |
C1 |
PG |
20 |
20 |
3.12 Menganalisis
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta
penerapannya. |
Menganalisis
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta
penerapannya. |
Cahaya |
Menentukan jarak bayangan dan sifat bayangan, jika
benda diletakkan di depan cermin cekung |
C3 |
PG |
21 |
21 |
3.1 Menghubungkan
sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan
penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi. |
22.
Mengidentifikasi fungsi organ reproduksi wanita 23.
Menganalisis
jenis penyakit berdasarkan gejala yang dimunculkan |
System
Reproduksi Manusia |
22.
Disajikan gambar organ reproduksi wanita, peserta didik dapat
mengidentifikasi fungsi organ yang di tunjukkan 23.
Disajikan
data gejala-gejala pada penyakit menular seksual, peserta didik dapat
menganalisis jenis penyakitnya |
C1 C4 |
PG |
22 23 |
22 |
3.2 Menganalisis
penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan. |
Mengidentifikasi
proses metamorphosis pada serangga |
Teknologi
Reproduksi tumbuhan dan hewan |
Disajikan
gambar siklus hidup serangga, peserta didik dapat mengidentifikasi proses
metamorfosis |
C1 |
PG |
24 |
23 |
3.3 Menerapkan
konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
25
Menentukan jenis genotif suatu tanaman 26.
Menghitung jumlah organisme dengan genotif tertentu |
Pewarisan
Sifat |
25.
Disajikan bagan persilangan tanaman, peserta didik dapat menentukan jenis
genotif tanaman 26.
Disajikan
data persilangan tumbuhan, peserta didik dapat menghitung jumlah organisme
dengan genotif tertentu |
C3 C3 |
PG |
25 26 |
24 |
3.4 Menjelaskan
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari. |
27. Menjelaskan
konsep listrik statis 28. Menentukan jenis
muatan listrIk dari induksi 29. Menghitung besarnya gaya
tarik-menarik/tolak-menolak menggunakan hukum coulumb |
Listrik Statis |
27.
Disajikan gambar dua benda bermuatan listrik,
peserta didik dapat menentukan arah aliran elektron 28.
28. Diberikan gambar induksi listrik, peserta
didik dapat menentukan jenis muatan hasil induksi 29.
Diberikan data nilai muatan dan jaraknya, peserta
didik dapat menghitung besarnya gaya tarik/gaya tolak (Coulomb) |
C2 C3 C3 |
PG |
27 28 29 |
25 |
3.5 Menerapkan
konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik
dalam kehidupan sehari - hari termasuk sumber energi listrik alternatif. |
30. Menentukan
besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik, 31. Menentukan besarnya energi dan daya listrik, 32. Menganalisis jenis lampu hemat energi |
Rangkaian Listrik Energi dan Daya Listrik Energi dan Daya Listrik |
30.
Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik
dapat menentukan besarnya hambatan pengganti 31.
Disajikan datan pemakaian alat-alat listrik,
peserta didik dapat menentukan besarnya biaya rekening listrik pada rumah
sederhana 32.
Disajikan data jenis lampu,
peserta didik dapat menganalisis jenis lampu, yang hemat energi |
C3 C3 C3 |
PG |
30 31 32 |
26 |
3.6 Menerapkan
konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet
dalam kehidupan sehari - hari |
33. Menentukan kutub-kutub magnet 34. Menjelaskan hal yang menyebabkan jarum
galvanometer menyimpang 35. Menentukan besarnya variable tertentu pada
transformator |
Kemagnetan Induksi Elektromagnet Transformator |
33.
Disajikan gambar cara membuat magnet, peserta
didik dapat menentukan kutubnya 34.
disajikan gambar galvanometer, peserta didik dapat
menjelaskan mengapa jarum galvanometer dapat menyimpang 35.
Diberikan data variabel transformator, peserta
didik dapat menghitung besarnya kuat arus sekunder |
C3 C2 C3 |
PG |
33 34 35 |
27 |
3.7 Menerapkan
konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia. |
Menentukan
pasangan antara produk bioteknologi dengan mikroorganisme yang sesuai |
Bioteknologi
|
Disajikan
data produk bioteknologi dan mikroorganisme yang berperan, peserta didik
dapat menentukan pasangan yang tepat |
C3 |
PG |
36 |
28 |
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom,
ion, molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam
kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia |
Menghubungkan konsep
partikel materi (atom, ion, molekul), |
Partikel Zat |
Peserta
didik dapat menjelaskan konsep ion |
C1 |
PG |
37 |
29 |
3.9 Menghubungkan
sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan
pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan. |
Menghubungkan sifat
fisika dan kimia tanah |
Sifat Fisika dan Kimia Tanah |
Peserta didik dapat menentukan sifat
fisika suatu zat |
C2 |
PG |
38 |
30 |
3.10 Menganalisis
proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan. |
Menganalisis proses dan produk teknologi
ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan. |
Produk teknologi |
Diberikan
wacana terkait energy alternative, peserta didik dapat menemukan peran tokoh
dalam wacana tersebut |
C2 |
PG |
39 |
31 |
3.5 Menganalisis
konsep energi, berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis |
Menyimpulkan hasil
percobaan fotosintesis |
Perubahan
bentuk energi |
Disajikan diagram percobaan
fotosintesis, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan |
C4 |
PG |
40 |
Komentar
Posting Komentar